Daerah  

Pembangunan Gedung UKS SMPN 4 Gunung Labuhan Tertutup Informasi Publik

Way Kanan. TARGETLIPUTAN. COM,- Sebuah pembangunan gedung di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 04 Gunung Labuhan Kabupaten Way Kanan Provinsi Lampung
yakni pembangunan ruang Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) terkesan tertutup informasi pasalnya tidak ditemui papan plang informasi kegiatan namun bangunan sedang dalam proses pengerjaan.

Salah satu dewan guru SMPN 04 Gunung Labuhan (RN) memberi keterangan bahwa bangunan yang sedang dikerjakan diperuntukan sebagai gedung Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), yang dia tidak tau jelas sumber dananya dari mana, Ujar salah seorang tenaga pendidik di SMPN tersebut.

“Ya setau saya itu bangunan untuk ruang UKS karena disekolah kita belum ada ruangan untuk UKS,” ungkap RN

Setelah sedikit bertanya kepada dewan guru, awak media langsung menuju ke lokasi pembangunan untuk menemui pengawas tetapi pengawas bangunan tersebut tidak ada ditempat.

Yang kerap menjadi pertanyaan adalah mengapa hampir setiap pembangunan di Kabupaten Way Kanan nyaris tidak ada papan plang informasi yang dipasang oleh pihak pemborong, sedangkan pembangunan sudah hampir rampung.

Baca Juga  Lapor Pak Bupati.Guru Honorer Way Kanan Mintak Kejelasan Nasib

Sedangkan sudah jelas Berdasarkan Pasal 24 angka 42 UU cipta kerja yang mengubah pasal 45 ayat (1) UU Bangunan Gedung
Setiap pemilik bangunan gedung penyedia jasa konstruksi, profesi ahli, pemilik, pengguna bangunan yang tidak memenuhi kewajiban pemenuhan fungsi dan/atau penyelenggaraan bangunan gedung dikenakan sangsi administratif

Dan pasal penghentian sementara atau tetap ada pekerjaan pelaksanaan pembangunan penghentian sementara atau tidak pada manfaatan bangunan gedung pembukuan persetujuan bangunan gedung pencabutan persetujuan pembangunan gedung pembekuan sertifikat baik fungsi bangunan gedung pencabutan sertifikat baik fungsi bangunan gedung atau perintah pembongkaran bangunan gedung dan sangsi pidana denda juga apabila tidak memenuhi ketentuan dalam Undang-Undang bangunan gedung Jo. UU cipta karya.

Berkaitan dengan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik masih awam di Bumi Ramik Ragom Kabupaten Way Kanan, masih sangat banyak bangunan yang notabene dari anggaran uang negara yang tidak dipasang papan plang informasi, sengajakah atau takut ketahuan akal bulusnya dalam tindakan korupsi, atau masih sangat bodoh dalam urusan pembangunan.
Entahlah, ini sejatinya PR Instansi terkait atau juga sudah terpapar virus pura-pura bodoh, atau pintar membodohi publik.TL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *