Daerah  

Diduga Selewengkan Dana Bos Kepala UPT SDN 02 Campang Delapan

Way Kanan.TARGETLIPUTAN.COM,-Dunia pendidikan Kabupaten Way Kanan, kembali dicengangkan olah prilaku oknum Kepala Sekolah (Kepsek) UPT SDN 02 Campang Lapan Kecamatan Banjit Kabupatrn Way Kanan Provinsi Lampunh yang DIDUGA menyalahgunakan wewenangnya dalam pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Indikasi Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) sekolah UPT SDN 02 Campang Lapan, Kecamatan Banjit, Kabupaten Way Kanan, terindikasi dikelola, dikuasai dan dimonopoli oleh Kepala Sekolah Langsung. Sementara Bantuan Operasional Sekolah (BOS) hanya Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) itu pun tidak direalisasikan.

Dari data yang diperoleh Media beserta Tim terdapat beberapa item penggunaan dana BOS yang di anggarkan tidak sesuai dengan penerapan yang ada di lapangan, bahkan lebih parahnya lagi dana yang diduga raib entah kemana dan untuk keperluan apa itu yang sekarang menjadi tanda tanya dan apa mungkin dana tersebut digunakan untuk kepentingan pribadi semata.

Informasi ini diperoleh dari narasumber yang dapat dipercaya, dan tidak ingin disebut namanya menjelaskan dan mengeluhkan, akibat kondisi sekolah yang sangat memprihatinkan, dia menilai, penggunaan dana BOS di UPT SDN 02 Campang Lapan, pada tahun 2022 banyak penyimpangan dan patut ditelusuri lebih dalam lantaran selain dinilai kurang transparan, penggunaan dana tersebut juga diduga tidak sesuai dengan penerapan yang ada bahkan terdapat unsur manipulasi data dalam pengelolaan anggaran tersebut, ujarnya.

Baca Juga  Persatuan Pemuda Waykanan Deklarasikan Gus Muhaimin Jadi Presiden 2024.

Dia juga menambahkan mengenai laporan gaji honor itu juga tidak sesuai dengan yang diberikan kepada kami sebagai guru honor, pembelian untuk penyusunan berkas juga tidak diadakan rapat terlebih dahulu dan apa-apa yang telah dibeli untuk keperluan sekolah kami pun tidak tahu, dan yang anehnya lagi jadwal pelajaran SK pembagian tugas mengajar juga belum keluar,” Tambahbya dengan penuh harap penjelasan dari kepala UPT SDN 02 Campang Lapan.

Tim media pun sambangi UPT SDN 02 Campang Lapan, ingin mengkonfirmasi Kepala UPT SDN 02 Campang Lapan, Nanik Darmini, namun yang bersangkutan seolah tidak ada respon dan terkesan sengaja ingin menghindar dari pertanyaan awak media yang sempat berkunjung ke lokasi tersebut.

Tim media, meminta kepada Dinas Pendidikan dan inspektorat agar segera turun lapangan dan menindak tegas oknum kepala sekolah nakal sebagai efek jera dan jika dinyatakan bersalah harus diproses sesuai hukum yang berlaku.TL/Tim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *