Daerah  

Polisi Amankan Perayaan Hari Raya Waisak di Pringsewu

Pringsewu | targetliputan.com | – Puluhan personel Polres Pringsewu mengamankan perayaan Hari raya Tri Suci Waisak di sejumlah vihara di wilayahnya pada Kamis (23/5/2024). Pengamanan ini bertujuan untuk memastikan rangkaian ibadah yang dilakukan umat Buddha dalam menyambut Hari Raya Waisak berjalan dengan aman dan khidmat.

Sejumlah vihara yang menjadi fokus pengamanan polisi antara lain Vihara Bodhi Cita Pringsewu, Vihara Bodhi Darma dan Vihara Dipa Prabawa di kecamatan Adiluwih, serta Vihara Dwipananda di Pagelaran Utara.

Kapolres Pringsewu, AKBP Benny Prasetya, melalui Kasi Humas Iptu Priyono, menyatakan bahwa selain personel kepolisian pengamanan ini juga melibatkan jajaran TNI dari Koramil setempat maupun pengamanan internal masing-masing vihara. “Kami ingin memastikan umat Buddha dapat menjalankan ibadahnya dengan tenang dan penuh khidmat,” ujarnya.

Selain menyiagakan personel di lokasi-lokasi vihara, Polres Pringsewu juga melakukan patroli keliling untuk mengantisipasi potensi gangguan keamanan. Pengamanan ini diharapkan dapat memberikan rasa aman bagi umat Buddha dalam menjalankan ibadah mereka maupun masyarakat umum lainya yang menjalankan aktivitas rutinya.

Baca Juga  Agar Tidak Gagal Paham Catatan Mahmud Marhaba (untuk kalangan sendiri

Iptu Priyono menambahkan bahwa pihaknya juga berkoordinasi dengan pengurus vihara untuk memastikan semua rangkaian kegiatan berjalan lancar dan sesuai dengan protokol keamanan. “Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk turut menjaga situasi tetap kondusif selama perayaan Waisak ini,” imbuhnya.

Selanjutnya, atas nama Polres Pringsewu Kasi Humas menyampaikan ucapan selamat hari raya waisak kepada seluruh umat budha. “ Selamat memperingati hari besar Tri Suci Waisak 2568 Buddhist Era (BE) untuk umat Budha di Indonesia, semoga mendapatkan berkah dan damai untuk semuanya,” tandasnya

( Irfan efendi )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *