Daerah  

Ketua Umum LSM L@pak Nova Handra Siap Turun Wakili Masyarakat Terkait Dugaan Mark Up Dana Desa Pekon Kresno Mulyo Tahun 2023

Pringsewu | targetliputan.com | – Nova Handra Ketua umum L@pak (lembaga pemantau kebijakan publik) siap turun wakili masyarakat terkait adanya dugaan mark up anggaran Dana Desa Pekon Kresno Mulyo kecamatan Ambarawa. Dipelajari dari Telisik dugaan, KKN Korupsi Kolusi dan Nepotisme Dana Desa tahun anggaran 2023 Kresno Mulyo kecamatan Ambarawa kabupaten Pringsewu yang mulai viral,dalam pemberitaan oleh beberapa media online,dimana dari salah satu pekon yang ada di kecamatan Ambarawa, pekon Kresno Mulyo diduga keras mark up anggaran Dana Desa tahun 2023.

Pasalnya Anggaran DD yang di kelola oleh bapak Mugiyanto kepala pekon Kresno Mulyo kecamatan ambarawa diduga keras ada mark up dalam pengelolaan dilapangan.

Demi bongkar KKN tersebut Ketua umum L@pak (Lembaga Pemantau Kebijakan Publik) kecam keras tindakan kepala pekon Kresno Mulyo kecamatan Ambarawa kabupaten Pringsewu. Karena diduga tidak profesional dalam mengelola keuangan negara untuk rakyat.

Dari 8 pekon diantara yang terendus aroma KKN ialah Pekon Kresno Mulyo di tahun 2023.

Yang viral diberitakan pekon Krresno Mulyo merealisasikan anggaran DD tahun 2023

Baca Juga  Camat Negeri Agung Meninjau Kampung Negeri Agung Yang Terkena Banjir Akibat Luapan Sungai Way Besai

(Pembangunan Gapura Batas Pemerintah Pekon)Rp.87.904.000

(Pemberdayaan Kelompok Tani Dan Peternakan) Rp.47.255.000

Penyertaan Modal BUMDes (Penyertaan Modal Desa) Rp.60.000.000

Dugaan Mark-Up itu dibenarkan oleh salah satu warga Pekon setempat yang tidak ingin disebutkan nama aslinya, berinisial Dm.

Menurut Dm, besarnya dana yang dianggarkan dalam gapura batas pekon dan kelompok tani dan peternakan tersebut terlalu besar dan tidak masuk akal.

“Untuk pembangunan gapura pembatas pekon ukuran kurang lebih 2 meter kiri dan kanan tinggi 4 meter mengahabiskan dana sekitaran Rp 87.904.000 juta, ya kita sama-sama bisa hitung habis berapa dananyanya, jauh gak dari anggaran yang direalisakikan,”katanya.Senin (20/05/2024).

Penjalesan dari bayan Teguh dikediamannya “,untuk anggaran gapura pembatas pekon saya tidak paham, karena itu kaur perencana yang tahu dan anggaran BUMDES itu bapak Hari yang menjalankan kalau untuk anggaran kelompok tani dan peternakan itu di anggarkan kambing untuk penggemukan kurang lebih 10 ekor yang di bagikan kemasyarakat “,ujarnya.

Menurut bapak Rt Syafii ,” untuk anggaran gapura batas pekon kiri dan kanan Lebar 2 meter lebih dikit tinggi kurang lebih 4 meter.Untuk anggaran saya tidak paham karena yang membeli semua material bapak Kakon dan modal Bumdes itu bapak Hari yang menjalankan.Untuk semua anggaran saya tidak paham bang karena untuk Kepala Pekon dan Bapak Hari tidak transparan soal anggaran.Seharusnya mereka bisa transparan soal anggaran DD kepada bawahan seperti kami,” tutupnya

Baca Juga  AWPI Way Kanan, Bagi Sembako Ke Pondok Pesantren Dan Masyarakat

Dalam hal ini kepala pekon Kresno Mulyo kecamatan Ambarawa diduga tunggangi UU RI No 31 Tahun 1999 jo UU No 20 Tahun 2001:

Setiap orang dengan sengaja melawan hukum melakukan perbuatan untuk memperkaya diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi yang dapat merugikan keuangan negara atau perekonomian negara, di ancam dengan pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 4 (empat) tahun dan paling lambat lama 20 (dua puluh) tahun penjara.

Ketua umum L@pak (Lembaga pemantau kebijakan publik) Nova Handra saat dijumpai oleh awak media ini (26/05/2024) dirinya mengatakan, “kalau saya selaku ketua umum L@pak meminta kepada APH Pringsewu terutama tipikor, untuk Turun dan mengecek anggaran DD tahun 2023 yang diduga markup Oleh Bapak Mugiyanto kepala pekon Kresno Mulyo yang diberitakan oleh beberapa awak media beberapa hari yang lalu.Karena saya mewakili masyarakat selalu siap untuk masyakat propinsi Lampung yang memerlukan bantuan, terutama yang menyangkut dugaan korupsi,untuk mewakili masyarakat pekon Kresno Mulyo saya akan turun kepekon Kresno Mulyo kecamatan Ambarawa dan saya akan laporkankan ke Tipikor Pringsewu, berdasar kan bukti-bukti dari media,insa Allah dalam minggu ini kami akan turun”pungkasnya

Baca Juga  Konpers, Indra Gaola Bantah Mobilisasi Massa Ke Kantor SMSI

(Red/Team)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *